PROSES PEMASARAN BUIS BETON DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Siti Nur Azizah Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Ihya Ulumiddin Author
  • Hasyim As’ari Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Ihya Ulumiddin Author
  • Anton Nisban Pebriyanto Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Ihya Ulumiddin Author

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.17592720

Keywords:

Produksi, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini berjudul Proses Pemasaran Buis Beton Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di CV. Cangkring Beton Dusun Cangkring Desa Pengatigan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif.

Skripsi ini merupakan jenis penelitian Kualitatif yang bertujuan 1) Untuk mengetahui analisis perspektif Ekonomi Syariah dalam proses produksi buis beton yang dilakukan oleh CV. Cangkring Beton Dusun Cangkring Desa Pengatigan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui prospektif kedepan CV. Cangkring Beton Dusun Cangkring Desa Pengatigan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi dalam upaya mengembangkan usahanya.

Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif mengikuti model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan 1) CV. Cangkring Beton dalam melakukan kegiatan produksinya telah sesuai dengan prinsip syariat islam, dimana dalam menunaikan hak-hak pekerja, CV. Cangkring Beton tidak mengurangi upah kerja untuk mengefisienkan biaya produksi. Selain itu bekerja di CV. Cangkring Beton juga diperlakukan secara adil tanpa membeda-bedakan apapun. Hal ini menunjukkan bahwa CV. Cangkring Beton telah menerapkan prinsip produksi dalam Islam. 2) Analisis strategi CV. Cangkring Beton dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan adalah strategi S-O (Strengths-Opportunity) yang diambil perusahaan antara lain: a) meningkatkan kualitas produk untuk menembus pangsa pasar yang akan dimiliki b) membuka cabang perusahaan baru c) meningkatkan pelayanan dalam melakukan kerjasama dengan pihak lain.

Downloads

Published

2025-06-02